Rabu, 22 Juli 2009

Hering's Deluxe Chromatic Harmonica



(Review Iman Budi Santoso, Musisi dan pengamat harmonika Kromatik)

Harmonika ini termasuk harmonika kromatik yang bersuara lantang yang akan kehilangan responsifitas bahkan kehilangan suara ketika dimainkan dengan tenaga minim. Sangat bermanfaat untuk mengatasi kesulitan di atas panggung untuk mengontrol nada yang kita mainkan, ketika suara instrumen lain mendominasi sound system. Suara harmonika ini berkesan agak ”metalik”, cukup bulat namun kurang merdu. Beberapa kritisi menilai suara harmonika Hering mirip suara akordeon, namun saya menilai suara harmonika ini serupa pula suara harmonika seri 64 Hohner.

Responsifitas nada mulai dari C rendah (satu oktaf di bawah) sampai lubang nomor 16 (di kebanyakan harmonika bernomor 12) sangat baik. Terasakan ada jarak cukup jauh antara nada-nadanya, yang mungkin bermanfaat bagi pemula yang baru mulai memetakan nada, dan akan lebih terasakan lagi karena bentuk mouthpiece yang sangat menonjol, namun permainan oktaf (pergerakan nada jauh) cukup halus dan tidak menggesek permukaan bibir, mungkin karena permukaan depan yang rata dan berlubang bundar.

Cetakan comb acrylic dan cetakan grafis ”HERING” di bagian belakang (yang menghadap ke penonton) kasar dan berkesan murahan. Untungnya penampilan pelat kromium di penutup reedplate cukup halus dan gemerlap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar